Jumat, 07 Maret 2014

KURIKULUM 2013


Pengertian Kurikulum

        Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.



Tujuan Kurikulum 2013

          Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Petunjuk Teknis Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 SMK

Apa yang harus dilakukan sekolah dalam persiapan Implementasi Kurikulum 2013 ?

  1. Melaksanakan Kurikulum 2013 selanjutnya mengirim laporan ke Direktorat Pembinaan SMK
  2. Membentuk Tim Pelaksana Pembelajaran Kurikulum 2013
  3. Menandatangani surat perjanjian pemberian Bantuan Buku Panduan Guru dan Buku siswa, antara kepala sekolah dan pejabat pembuat komitmen Subdit Pembelajaran DIrektorat Pembinaan SMK
  4. Mempertanggungjawabkan sepenuhnya seluruh pengelolaan administrasi dan teknis dan keberlangsungan pelaksanaan program pelaksanaan Kurikulum 2013 kepada Direktorat Pembinaan SMK
  5. Membuat dan mengirim Laporan Hasil Pelaksanaan dan realisasi Implementasi Kurikulum 2013 yang diketahui oleh Dinas Kabupaten/Kota kepada Direktorat Pembinaan SMK

Tugas dan tanggung jawab Tim Pelaksana Implementasi Kurikulum 2013
           Tim Pelaksana Kurikulum 2013 di bentuk dan ditetapkan oleh kepala sekolah melalui surat keputusan. Tim ini mempunyai tugas dan Fungsi membantu kepala sekolah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan tugas dan Tanggung Jawab sebagai berikut :

    1. Melaksanakan Fungsi-fungsi manajemen seperti; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan/kontrol dalam menjalankan pembelajaran berbasis kurikulum 2013
    2. Mengatur integrasi pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013
    3. Membuat program tahunan pembelajaran berbasis kurikulum 2013
    4. Membuat laporan hasil Pelaksanaan Kurikulum 2013
    5. Ketua Tim adalah Wakil kepala Sekolah bidang kurikulum dengan anggota kepala program keahlian dan melibatkan guru mata pelajaran yang telah mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 dan ditetapkan Oleh SK kepala Sekolah

Karakteristik Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik;
  2. sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  3. mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
  4. memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  5. kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar Mata pelajaran;
  6. kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;
  7. kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antarMata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Pokok-pokok Perubahan pada Kurikulum 2013
Terdapat beberapa perubahan mendasar dari  kurikulum 2006 ke kurikulum 2013, yaitu;

  1. Penataan Pola Pikir
  2. Pendalaman dan Perluasan Materi
  3. Penguatan Proses
  4. Penyesuaian Beban
Sedangkan elemen yang berubah antara lain

  1. Standa Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Poses
  4. Standar Penilaian

       Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.  Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring.
             Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan

           Kesimpulan :  secara konseptual, kurikulum 2013 jelas ada perubahan signifikan. Perubahan itu tentunya dimaksudkan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih baik. Tapi Sejujurnya, pemahaman akan kurikulum 2013 bagi guru, masih sangatlah kurang. Tidaklah cukup dalam waktu yang singkat sabagai salah satu materi Diklat Online. Meskupun begitu, adanya materi kurikulum 2013 pada diklat online yang dilaksanakan, membuat guru yang tadinya tidak tahu sama sekali dengan kurikulum 2013, akan menjadi tahu. Dan bagi yang sudah tahu bahkan sudah mengikuti diklat khusus, dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya, serta saling berbagi .

Downdload di Sini :

Kurikulum 2013 SMK AL-AMIN Gresik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar